Sejarah Singkat

Penyelenggaraan perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan suatu keharusan dan mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan. Pendidikan tinggi tidak mungkin terselengara dengan baik jika para dosen dan mahasiswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.

Perpustakaan sebagai bagian integral dari Politeknik Negeri Medan , bersama-sama dengan jurusan dan unit lainnya di lingkungan Polmed melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Perpustakaan Politeknik Negeri Medan berdiri pada tahun 1983, satu tahun setelah berdirinya Politeknik. Adapun mereka yang pernah menjabat sebagai kepala perpustakaan Politeknik Negeri Medan dari tahun 1983 hingga sekarang adalah sebagai berikut :

Dra. Zaslina Zainuddin, M.Pd.
1983 – 1991
Direktur American Corner (Jabatan saat ini)

Rahmizar, S.Sos
1991 – 2004
Sekretaris Perpustakaan (Jabatan saat ini)

Drs. Suryadi, M.Hum
2004 – 2005
Dosen Administrasi Bisnis Polmed (Jabatan saat ini)

Azhar, SE, M.Si
2005 – 2009
Dosen Akuntansi Polmed (Jabatan saat ini)

Okto Zuhri, SH, M.Si
2009 – 2012
Kasubbag PSI Polmed (Jabatan saat ini)

Muhammad Dalim, S.Sos
2012 – Sekarang

Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka perpustakaan juga harus mampu mengantisipasi perkembangan lingkungan baik skala lokal, nasional maupun internasional. Dalam skala lokal, kebijakan pengembangan Politeknik harus dijabarkan oleh Perpustakaan ke dalam bentuk pelayanan yang sesuai. Perpustakaan harus terlibat dalam berbagai aspek penyelenggaraan mulai dari tahap perencanaan sampai implementasi. Pembukaan program studi baru, penyusunan kurikulum, penyusunan program penelitian adalah merupakan contoh kegiatan dimana Perpustakaan seharusnya terlibat. Dalam skala nasional dan internasional, Perpustakaan harus mampu mengantisipasi perkembangan di bidang penerbitan dan distribusi sumber informasi, teknologi informasi, teknologi media komunikasi dan perkembangan lainnya yang berkaitan dengan perpustakaan.

Politeknik Negeri Medan sebagai salah satu Politeknik ternama dan terkemuka di Indonesia di luar Pulau Jawa memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk menjadi salah satu Politeknik yang memiliki reputasi intenasional.

Hal itu tersirat dalam Visi Politeknik Negeri Medan yaitu : “ Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dan terdepan di Asia Tenggara pada tahun 2020 dalam pendidikan dan pelatihan vokasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.